Sekilas Mengenai Pembuatan Huruf Timbul

Sekilas Mengenai Pembuatan Huruf Timbul

Naham yang sering digunakan ada beberapa jenisnya, dan disini yang umum digunakan adalaha :

  • Plat stainless
  • Plat galvanil
  • Plat kuningan

Jika anda ingin menggunakan bahan lain sebenarnya bisa asalkanbahan tersebut bisa di bentuk dan juga di tekuk sesuai yang di inginkan.

Sekilas Mengenai Pembuatan Huruf Timbul

Dibawah ini ada beberapa penjelasan yang cukup sederhana mengenai pembuatan huruf timbul :

Bahan yang akan digunakan adalah harus berbahan plat atau stainless, galvanil atau plat, kuningan yang mempunyai ketebalan 0,8 mm – 1,2 mm dan itu harus di sesuaikan oleh ukuran huruf.

Di tahap yang pertama anda harus mendesign terlebih dahulu dari ukuran dan jenis font huruf nya, semua itu anda pada aplikasi computer corel draw.

Jika tahap mendesign sudah selesai dibuat maka selanjunya anda harus membuat mal atau pola yang bahannya bisa menggunakan kertas karton manila dan juga bisa menggunakan mesin seperti cutting stiker.

  • Mal kertas karton

Langkah selanjutnya jika langkah yang ini sudah di kerjakan maka kita harus menggunting kertas karton itu, kemudian kita tempel pola hurut itu pada lembara plat, yang di pogtong menggunakan alat potong plat/jigsaw. Maksimal dari ketebaln ini 2 mm.

Huruf timbul ini artinya ada ketimbulan, yang artinya cutting dari plat stainless di bagian muka harus di persiapkan plat dan ini khusus untuk sisi samping sekeliling huruf tersebut atau yang sering di sebut dengan frame samping.

  • Huruf timbul satinless

Untuk tahap yang berikutnya jika sudah menjadi potongan stainless yang berbentuk huruf harus di sambungkan dengan proses patri( yang satu ini khusus untuk menyambungkan stainless dengan patri). Setelah kedua frame depan dan juga samping sudah kita sambung kemudian haluskan sambungan dengan menggunakan gerinda, dan proses ini harus sehalus mungkin pada sudut sambungan dan harus rapih.

Sebelum pemasangan kita harus mengetahui dulu area yang akan di jadikan sebagi tempat pemasanganhuruf nantinya. Jika untuk indoor kita bisa menggunakan spon sedangkan untuk outdor bisa menggunaka seperti angkur yang lebih kuat dudukannya.

 

Be the first to comment

Leave a comment

Your email address will not be published.


*